Cara Menangani Anak Suka Berbicara Sendiri

Cara Menangani Anak Suka Berbicara Sendiri - Bu, apakah Anda pernah melihat si kecil bermain dan berbicara kepada diri sendiri? Terkadang orang tahu bahwa mereka sering merasa cemas melihat anak-anak yang berbicara sendiri. Tetapi apakah ini normal untuk anak-anak?


Cara Menangani Anak Suka Berbicara Sendiri

Penyebab anak suka berbicara sendiri



Anak-anak yang berbicara pada umumnya terjadi pada usia 2-5 tahun dan ini normal. Para ahli berpendapat bahwa anak-anak yang suka berbicara sendiri menunjukkan bahwa mereka mempraktikkan keterampilan komunikasi mereka dengan dunia di sekitar mereka.
Berbicara sendiri juga merupakan cara bagi anak-anak untuk mengekspresikan perasaan dan membantu mereka mengarahkan proses berpikir mereka. Periode ini merupakan transisi dari tahap pembicaraan sosial dan bebricara di hati ke kemampuan untuk melakukan kontrol perilaku.

Selain itu, berbicara sendiri juga merupakan tanda kreativitas dan imajinasi anak berkembang dengan baik. Anak-anak yang suka berbicara sendiri tidak selalu berarti memiliki teman khayalan. Sebagian besar anak-anak yang suka berbicara sendiri berbicara untuk diri mereka sendiri dan bukan teman khayalan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Early Childhood Research Quarterly, anak-anak yang suka berbicara sendiri memiliki kemampuan menyelesaikan tugas motorik 78% lebih baik daripada anak-anak yang diam. Terkadang berbicara kepada diri sendiri adalah cara anak-anak mencoba menyelesaikan masalah mereka sendiri tanpa bantuan orang tua.

Apa yang harus dilakukan orang tua?



Perlu diingat bahwa anak-anak yang suka berbicara sendiri bukan gangguan. Umumnya sikap ini akan hilang setelah anak berusia 5 tahun.
Jika anak suka berbicara sendiri, orang tua dapat membantu anak melatih ucapannya dan berpikir dengan tidak mengolok-oloknya atau tidak berusaha menghentikan kebiasaannya. Minta si anak untuk berbagi kegiatannya sepanjang hari, atau minta si anak untuk menjelaskan apa yang dia lakukan.

Saat mendengarkan penjelasan seorang anak, Anda dapat mengajukan pertanyaan yang memancing kreativitas dan pengetahuan. Selain itu, Anda juga dapat secara rutin membaca berbagai buku untuk mengembangkan keterampilan bahasa dan pola berpikir.


*) Adrian at Vitamin Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.