Cara Mencegah Anak Agar Tidak Mengompol

Cara Mencegah Anak Agar Tidak Mengompol - Ngompol, kencing, atau pipis ialah sebuah masalah lazim yang dialami oleh anak anak berusia dibawah lima tahun hingga menjadi anak anak yang sesungguhnya. Akan tetapi harusnya disaat anak memasuki usia normal masuk sekolah pipis saat tidur harusnya sudah bisa dikurangi dan tidak dijadikan sebuah kebiasaan lagi.

Dimana pipis ini sebetulnya mampu diatasi dengan beberapa langkah, dan bunda ataupun orang tua perlu kesabaran dan telaten dalam membuat sang buah hati tidak pipis lagi saat tidur. Bagaimana cara mencegah atau mengatasi sang buah hati ngompol yang efektif?

Mengompol adalah hal yang umum dan terjadi secara alami pada anak-anak. Tetapi bisa dikatakan abnormal jika mengompol masih dialami oleh remaja atau orang dewasa.

Menurut Mayo Clinic, 15 persen anak-anak masih mengompol pada usia 5 tahun tetapi kurang dari 5 persen anak-anak masih suka mengompol pada usia 8 hingga 11. Mengompol lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada perempuan. Meskipun ini menjengkelkan, Anda harus menyadari bahwa mereka melakukannya secara tidak sengaja.
Cara Mencegah Anak Mengompol

Penyebab Anak Mengompol Saat Tidur



Anak-anak tidak bisa menahan urin sepanjang malam.
Anak tidak bangun ketika kandung kemih penuh. Ini bisa disebabkan oleh perkembangan kandung kemih yang terlambat.
Usia anak-anak umumnya menghasilkan urin yang lebih besar pada siang dan malam hari.
Anak-anak memiliki kebiasaan menolak buang air kecil di siang hari. Banyak anak terbiasa mengabaikan keinginan untuk buang air kecil dan menunda buang air kecil selama mungkin.

Cara Mencegah Anak Suka Ngompol



Cobalah Buang Air Kecil Sebelum Tidur

Sebagai cara untuk mengatasi mengompol terlebih dahulu, Anda perlu melatih anak Anda untuk buang air kecil sebelum tidur. Perasaan ingin buang air kecil kadang-kadang muncul ketika Anda minum banyak sebelumnya. Usahakan menempuh jarak 20 hingga 30 menit sebelum waktu tidur bagi anak-anak untuk minum air putih. Setelah 30 menit berlalu setelah minum air, harap undang anak Anda untuk buang air kecil. Ini dilakukan agar kandung kemih anak akan kosong saat dia tidur.

Hindari Minuman yang Mampu Merangsang Buang Air Kecil

Banyak orangtua tidak menyadari, jika ada beberapa minuman yang dikonsumsi anak-anak dapat memicu buang air kecil sebelum tidur. Cobalah untuk menghindari memberi anak-anak minuman seperti cokelat hangat, susu coklat, dan teh sebelum tidur. Minuman ini adalah minuman berkafein, di mana kafein mengandung diuretik yang bisa memicu Anda buang air kecil.

Segera atasi Jika Anak Bunda Mengalami Konstipasi ( Sembelit )

Masalah konstipasi dan ngompol ada hubungannya. Jika anak Anda sering kehabisan air, siapa tahu anak Anda juga memiliki masalah buang air besar. Menurut Klinik Cleveland, sembelit dapat menyebabkan sering buang air kecil pada anak-anak.

Karena pada dasarnya posisi dubur (anus) berada di belakang kandung kemih. Ini dapat mempengaruhi siklus dan volume urin pada beberapa anak. Karena itu, ada baiknya memperhatikan siklus BAB anak Anda, jika Anda menemukan indikasi konstipasi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Buat Jadwal Rutin

Sebagai salah satu cara untuk mengatasi mengompol, Anda dapat menerapkan jadwal reguler dan teratur untuk anak-anak seperti berikut:

Minumlah lebih banyak di pagi dan sore hari dan kurangi di malam hari
Pergi ke kamar mandi secara teratur di siang hari
Pergi ke kamar mandi sebelum tidur

Lihat perkembangan ini dengan merekam atau menulisnya di jurnal harian Anda. Jika belum berhasil, sebaiknya konsultasikan masalah anak ini dengan dokter Anda untuk perawatan lebih lanjut.


*) Adrian at www.nutrinextlastabumin.co.id

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Kamis 21 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.