Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar Menurut Islam

Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar Menurut Islam - Anak-anak dipercayakan oleh Allah SWT dan mendidik anak-anak dalam Islam sejak usia dini adalah kewajiban orang tua. Anak-anak adalah hasil dari pernikahan (baca yurisprudensi pernikahan, hukum pernikahan dan persyaratan pernikahan) dari seorang pria dan wanita baik anak-anak yang dihasilkan dari pernikahan resmi dan pernikahan siri.

Tidak hanya anak-anak kandung yang memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan, anak tiri (baca hak waris anak tiri) dan anak-anak yang lahir di luar nikah (baca hukum kehamilan di luar nikah) juga berhak menerima pengajaran dan pendidikan dari orang tua mereka.

Mendidik anak-anak dalam Islam sehingga anak-anak memiliki karakter yang baik adalah kewajiban manusia sehingga orang tua harus tahu bagaimana mendidik anak-anak dalam Islam yang benar dan sesuai dengan syari'at Islam seperti yang disebutkan oleh Imam Ali bin Al Husain yaitu Hak anak Anda adalah Anda bertanggung jawab untuk mengajarnya karakter yang berbudi luhur, memperkenalkan kepada Tuhan dan membantunya untuk menaati Anda. Imbalan tugas berat ini sangat besar dan sebaliknya, siksaan menunggu jika mengabaikannya.

Karena itu, lakukan apa yang dapat membuat Anda bangga akan hal itu di masa depan dan bebas dari hukuman Tuhan atas tanggung jawab yang Dia berikan kepada Anda, dengan mendidiknya dengan baik dan benar.

Serta hadits Nabi Muhammad dan Firman Tuhan dalam surat At Tahrim ayat 6 yang berbunyi
"Hormatilah anak-anakmu dan tingkatkan temperamen mereka"
"Hai kamu yang percaya, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaga malaikat yang kasar, kejam, dan jangan mendurhakai Tuhan atas apa yang dia perintahkan dan selalu lakukan apa yang diperintahkan." (QS Di Tahrim: 6)

Sejak usia dini, pendidikan anak-anak dalam Islam harus diajarkan terutama pendidikan aqidah, pendidikan ibadah dan pendidikan moral. Pendidikan diharapkan membentuk karakter anak sehingga ia bisa menjadi orang yang mulia di masa depan.
Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar Menurut Islam

Cara mendidik anak-anak yang baik menurut Islam



1. Mengajar anak-anak tentang persatuan sejak awal dan mengenal Tuhan sejak ia dilahirkan dengan menyanyikan seruan untuk berdoa ketika ia baru saja dilahirkan oleh ayahnya. Ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW, Dari Abu Dawud dan Tirmidzi "Saya telah melihat Rasulullah SAW mengkankan ankan Al-Hasan bin Ali di telinganya ketika dilahirkan oleh Fatimah dengan panggilan sholat seperti sholat sholat." (SDM. Turmidzi)

2. Berikan nama baik dan nama panggilan atau nama panggilan yang bagus untuk anak Anda karena nama itu adalah doa. Orang tua dilarang memberikan nama buruk dan panggilan buruk kepada anak mereka karena itu bisa menyakitkan dan bukan tindakan yang mencerminkan rasa hormat terhadap anak mereka. Seperti hadits berikut: "Hormati anak-anak Anda dan perhatikan pendidikan mereka karena anak-anak Anda semuanya adalah anugerah Allah bagi Anda (Ibnu Majah)

3. Sunat anak-anak ketika mereka dewasa untuk menjaga mereka dari penyakit dan mengajar mereka untuk mematuhi perintah Allah SWT sebagaimana hadits menyebutkan Fitrah bahwa ada lima atau lima kasus termasuk fitrah, yaitu sunat, menarik rambut kemaluan, mencabut rambut ketiak, memotong kuku dan memotong kumis ". (HR. Bukhari)

4. Ajari anak untuk beribadah sejak dini seperti doa wajib. Undanglah anak laki-laki untuk berdoa di masjid dan memberi selamat kepada anak-anak untuk berdoa tepat waktu. Meskipun anak itu belum botak dan tidak wajib berdoa, jangan biarkan dia meninggalkan doa ketika dia berusia lebih dari tujuh tahun. Ini agar si anak terbiasa beribadah ketika dia nanti nanti.

5. Mengajar anak-anak untuk membaca Alqur'an sejak dini dan jika mungkin kemudian mengajar anak-anak untuk menghafal ayat-ayat Alqur'an. Mengajari anak-anak membaca Alquran sangat penting karena Alqur'an adalah pedoman Muslim dan membacanya membawa manfaat dan penghargaan yang besar (baca manfaat membaca Alquran)

6. Latih anak untuk berpuasa, terutama selama bulan Ramadhan. Anak-anak dapat dilatih untuk melaksanakan puasa Ramadhan dengan metode puasa setengah hari. Bangunkan anak saat fajar dan biarkan dia makan bersama orang tuanya. Jika anak tidak cukup kuat untuk berpuasa sepanjang hari maka biarkan dia makan di tengah hari kemudian ajarkan anak untuk terus puasa setelah makan siang sampai waktu berbuka tiba.

7. Baca kisah-kisah takhayul dari para nabi, nabi, teman-teman dan kisah-kisah Islam lainnya. Cerita-cerita ini akan menanamkan nilai-nilai yang baik untuk anak-anak melalui cerita dan cerita yang menarik.

8. Ajari anak untuk mengucapkan kata-kata sopan dan sopan kepada orang tua mereka, orang lain dan teman sebaya. Usahakan untuk selalu menghindari kata-kata kasar jika orang tua berkelahi dan berusaha untuk tidak bertarung di depan anak-anak karena pada dasarnya anak-anak akan meniru apa yang dilakukan atau dikatakan orang tua mereka.

9. Ajari anak untuk selalu menyapa ketika mereka memasuki rumah dan kapan mereka ingin pergi. Ajari dia untuk meminta izin dan berjabat tangan dengan orang tuanya saat mereka ingin keluar rumah.

10. Mengawasi siapa yang bergaul dengan anak dan perhatikan pergaulannya karena teman atau lingkungan dapat memengaruhi karakter anak.

Demikianlah cara mendidik anak yang baik menurut Islam. Memang mendidik anak mungkin tidak selalu mudah dan membutuhkan kesabaran, tetapi orang tua masih harus memperhatikan cara mereka atau gaya pengasuhan kepada anak-anak sehingga anak akan tumbuh menjadi orang yang baik dan mulia.


*) Adrian at www.nutrinextlastabumin.co.id

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.