Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Bayi

Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Bayi - Mengajar anak-anak Bahasa Inggris di rumah memang mudah dan sulit. Tetapi jika Anda sudah tahu trik yang tepat, anak-anak bisa lebih tertarik untuk terus belajar bahasa Inggris, lho!

Orang tua mana, yang tidak ingin anaknya memiliki kompetensi yang baik? Memiliki daya saing di masa depan. Dengan meningkatnya populasi di dunia serta kemajuan teknologi yang pesat, persaingan generasi anak-anak kita pasti akan jauh lebih berat daripada apa yang kita alami. Hari ini kita dituntut untuk dapat bersaing dengan hampir 7 miliar orang. Bagaimana dengan anak-anak kita nanti?

Salah satu tanggung jawab kita sebagai orang tua adalah memberikan keterampilan penuh yang dibutuhkan oleh anak-anak di masa depan. Kemampuan kompetensi yang baik, termasuk kualitas karakternya termasuk keterampilan literasi.

Berbicara tentang keterampilan baca tulis tentu saja terkait dengan kemampuan anak untuk menguasai bahasa, termasuk bahasa Inggris. Ya memang, bahasa ibu penting untuk dikuasai terlebih dahulu. Tapi, bahkan bahasa asing pun tidak bisa dilewatkan.
Berdasarkan banyak penelitian yang dilakukan oleh ahli bahasa, banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya semakin cepat anak belajar bahasa asing, semakin mudah bagi anak-anak untuk menguasai bahasa. Sebagai contoh, McLaughlin dan Genesee berpendapat bahwa anak-anak mendapatkan bahasa lebih cepat tanpa banyak kesulitan dibandingkan dengan orang dewasa.

Namun dalam hal ini, Dra. Mayke S. Tedjasaputra M, Si, dosen perkembangan anak di Fakultas Psikologi UI, mengingatkan bahwa orang tua harus peka, memperhatikan apakah anak-anak mereka bingung atau tidak jika diperkenalkan oleh beberapa bahasa sekaligus. Intinya, jika seorang anak mampu memahami bahasa ibu, dan tidak tampak bingung, mengajarkan bahasa asing sedini mungkin bukanlah masalah.

Lalu, metode apa yang dapat digunakan di rumah untuk mengajar anak-anak Bahasa Inggris di rumah? Tentu saja, sebagai orang tua kita perlu belajar metode pengajaran yang menyenangkan dan menarik untuk menarik perhatian dan juga minat anak untuk belajar.


Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Bayi

Melalui Buku Cerita
Karena masih dalam kandungan, dapat digunakan untuk membaca buku cerita untuk bayi yang masih dalam perut. Kebiasaan ini nantinya akan mudah dilanjutkan sampai anak bertambah besar, menjadi kebiasaan membaca buku sebelum tidur. Buku yang dibaca dapat berganti-ganti antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Agar lebih menyenangkan, orang tua dapat membaca dengan lebih banyak interaksi dengan anak-anak dan juga mengundang diskusi setelah membaca buku.

Percakapan sederhana dengan bahasa Inggris
Jangan membatasi kesempatan anak-anak untuk belajar bahasa Inggris. Misalnya, percakapan sehari-hari yang sederhana di rumah juga dapat digunakan sebagai kesempatan untuk mendukung pembelajaran anak-anak. Misalnya, "Manakah dari dua celana ini yang ingin Anda kenakan hari ini?" Jika anak masih malu menjawab, Anda bisa memberikan pilihan. Misalnya, "Yang biru? Atau yang hitam?" Selalu ingatkan anak Anda tentang satu hal yang sangat penting: jangan pernah takut untuk salah. Mengetahui kesalahan akan membuat kita belajar melakukan hal-hal yang lebih baik dan benar, bukan?

Games
Bermain tentu cara yang menyenangkan dan menyenangkan untuk belajar bagi anak-anak. Siapa yang tidak suka bermain? Ada banyak format permainan yang bisa dimainkan anak-anak dari permainan papan hingga gadget. Tentu saja, setiap orang tua memiliki kebijakan sendiri tentang jenis permainan yang dapat dimainkan anak-anak. Usia anak tentu akan mempengaruhi keputusan ini. Untuk balita, mungkin permainan yang bisa disentuh seperti boneka tangan akan lebih tepat. Anda dapat melakukan percakapan lucu antara anak-anak dan boneka. Untuk anak-anak yang lebih besar, permainan papan permainan seperti scrabble atau bingo bisa menjadi pilihan menarik untuk belajar bahasa Inggris.

Membuat DIY
Jika Anda malas di luar rumah, kita bisa mengajak anak-anak untuk mengerjakan kerajinan tangan. Tentu saja tidak perlu membuat kerajinan yang rumit, karena yang penting adalah interaksi dengan anak dan juga sesi ikatan. Kegiatan kerajinan ini juga dapat digunakan sebagai kesempatan untuk belajar bahasa Inggris. Misalnya, untuk mengucapkan instruksi sederhana seperti "Could you pass me the glue, please?", "Why don’t you paint a picture?", Atau, "Can you help me tidy up?".


*) Adrian at Vitamin Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Kamis 21 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.