Cara Mengatasi Anak Malas Masuk Sekolah

Cara Mengatasi Anak Malas Masuk Sekolah - Menuntut pengetahuan di sekolah bukan lagi kewajiban, tetapi lebih dari itu pembelajaran telah menjadi kebutuhan setiap anak. Menuntut ilmu sejak usia dini sangat penting agar pengetahuan yang didapat dapat bermanfaat bagi anak nantinya. Selain itu, dengan bersekolah anak-anak juga dapat mengisi waktu mereka untuk melakukan hal-hal positif dengan teman-teman mereka.

Sebagian besar anak-anak suka dan senang ketika pergi ke sekolah karena ada banyak hal menarik yang bisa mereka lakukan, mulai dari bermain, belajar, bercanda dan tertawa bahagia bersama teman-teman mereka. Namun tidak sedikit anak yang justru malas sekolah. Saya tidak tahu apa yang memicu seorang anak untuk malas bersekolah, tetapi kemungkinan besar penyebabnya malas bersekolah memiliki alasan berbeda.

Anak-anak yang enggan bersekolah dapat menjadi masalah bagi orang tua dan guru mereka, orang tua yang mengharapkan anak-anak mereka menjadi orang yang cerdas harus membelai payudara mereka untuk melihat kenyataan, bahwa anak-anak mereka malas pergi ke sekolah dan tidak hanya di sana, guru juga akan mengalami kesulitan berurusan dengan anak-anak malas ke sekolah karena dapat dipastikan bahwa anak tersebut akan ketinggalan banyak materi pelajaran yang telah diajarkan. Jadi kemungkinan anak malas bersekolah akan memiliki prestasi yang tidak memuaskan.

Lantas bagaimana kiat mengatasi anak malas ke sekolah agar mereka bisa lebih antusias dan rajin pergi ke sekolah?
Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah

Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah dan Penyebabnya



1. Menemani ke sekolah

Bantuan anak dianggap perlu oleh orang tua, terutama jika kegiatan sekolah anak-anak masih dalam tahap awal terdaftar sebagai siswa di sekolah mereka. Biasanya anak-anak yang masih beberapa waktu menjadi pembelajar masih merasa malu dan canggung bergaul dengan teman-teman mereka, terutama jika anak tersebut memiliki karakter pemalu.

Karakter seorang anak yang pemalu, canggung dan tidak terlalu ramah dapat menyebabkan anak menjadi malas untuk pergi ke sekolah, sehingga disarankan bagi orang tua untuk menemani anak ke sekolah sampai anak mulai akrab dan pandai bergaul dengan teman.

Namun hindari selalu menemani anak-anak ke sekolah setiap hari karena perlakuan seperti itu dapat membuat anak menjadi cengeng dan selalu bergantung pada Anda sebagai orang tua, sehingga karakter mandiri sulit muncul dalam kepribadian anak.

2. Berbagi dengan anak-anak

Tips berikutnya yang dapat Anda coba lakukan adalah mencari tahu mengapa anak Anda menjadi malas pergi ke sekolah dengan menanyakan langsung mengapa anak itu. Mulailah bertanya dalam bahasa yang sederhana dan lembut, sambil berharap bahwa anak itu ingin memberi tahu secara terbuka mengapa dia malas bersekolah.

Karena kadang-kadang beberapa orang tua langsung memarahi, menghukum dan membujuk anak itu tanpa berusaha mencari tahu sebelumnya bahwa kasus itu menyebabkan anak malas pergi ke sekolah, sikap seperti itu dianggap tidak bijaksana.

Jadi Anda harus berdialog atau berdiskusi dengan anak Anda sehingga pemicu / menyebabkan anak menjadi malas untuk pergi ke sekolah. Setelah mengetahui penyebab anak pergi ke sekolah, langkah selanjutnya adalah memilih metode / tips / cara yang dapat membuat anak ingin kembali ke sekolah.

3. Konsultasi dengan guru atau kepala sekolah

Tips selanjutnya yang tidak kalah efektif untuk mengatasi anak malas bersekolah adalah berkonsultasi dengan guru kelas atau kepala sekolah tempat anak itu bersekolah, karena guru biasanya memiliki informasi tentang orang, kebiasaan, perilaku anak saat di sekolah agar dia bisa cepat mengetahui penyebab anak malas pergi ke sekolah.

Bisa jadi anak Anda malas pergi ke sekolah karena gurunya terlalu galak, memberi banyak tugas, mendiskriminasi dll. Jadi tidak ada salahnya Anda juga menasehati guru kelas yang mengajar untuk menjadi lebih profesional dalam mengajar.

4. Minta bantuan dari teman sekelas

Beberapa kasus yang menyebabkan anak menjadi malas bersekolah adalah karena mereka sering diintimidasi oleh teman-temannya, baik dalam bentuk kekerasan fisik, dalam bentuk kata-kata yang menghina dan sebagainya, sehingga anak-anak merasa tidak nyaman saat bersekolah.

Untuk mengatasinya Anda dapat bertemu dengan teman sekelas, lalu menyarankan Anda untuk berteman dengan anak Anda dan meminta untuk tidak menggertak anak Anda, tetapi cobalah untuk menyampaikannya dengan cara yang ramah, sehingga siswa yang suka mengejek anak Anda ingin mendengar kata-kata Anda, dan bahkan jika itu adalah alasan mengapa anak Anda malas pergi ke sekolah.

5. Berjanji untuk memberikan hadiah

Salah satu metode yang sangat efektif untuk menumbuhkan antusiasme anak-anak termasuk menumbuhkan motivasi / motivasi anak untuk pergi ke sekolah adalah dengan menjanjikan hadiah kepada anak Anda, misalnya menjanjikannya untuk membelikannya mainan yang paling ia sukai jika ia harus rajin bersekolah atau menjanjikan untuk membawanya liburan ke tempat yang disukainya.

Dengan menerapkan metode ini, kemungkinan besar anak Anda akan lebih rajin bersekolah dengan harapan apa yang Anda janjikan kepadanya dapat segera dipenuhi.

6. Berikan cukup uang saku

Kebiasaan anak-anak yang kurang komunikatif, terutama anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar membuat orang tua bingung dan sulit mengetahui mengapa anak menjadi malas pergi ke sekolah. Salah satu yang dapat menyebabkan anak Anda malas bersekolah adalah bahwa uang saku yang diberikan kepadanya tidak cukup, tetapi anak itu kadang-kadang takut / malu mengatakan bahwa uang saku yang selalu diberikan kepadanya kurang.

Akibatnya efek yang paling jelas dari situasi ini adalah bahwa anak menjadi kurang bersemangat untuk pergi ke sekolah, terutama jika teman-temannya yang lain, selalu memiliki uang saku yang cukup, itu bisa menjadi pemicu utama yang membuat anak menjadi malu dan merasa tidak aman dengan situasi sendiri .

7. Beli peralatan sekolah yang menarik

Agar anak Anda memiliki semangat sekolah yang lebih baik, tidak ada salahnya membelikan anak Anda perlengkapan sekolah yang bagus dan menarik, seperti tas dengan gambar karakter favoritnya, buku baru, pakaian sekolah, celana dan sepatu baru. Setidaknya ini bisa menumbuhkan motivasi anak untuk rajin bersekolah.

Tetapi jangan memaksakan keuangan Anda, jika memang Anda tidak mampu membeli peralatan sekolah yang menarik bagi anak Anda, maka Anda harus memberi tahu situasi sebenarnya bahwa uang Anda kurang sehingga anak tersebut dapat memahami dengan lebih baik.

8. Beri tahu anak betapa pentingnya hal itu

Anak pada dasarnya tidak sepenuhnya memahami apa tujuan sekolah itu. Karena itu sebagai orang tua yang bijak, cobalah menasihati anak Anda tentang tujuan dan manfaat sekolah untuknya, sehingga anak tersebut sadar bahwa bersekolah akan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

9. Menghukum anak-anak

Menghukum adalah cara terakhir yang dapat Anda coba ketika anak Anda benar-benar malas pergi ke sekolah, tetapi hindari memberikan hukuman dalam bentuk kekerasan fisik, karena alih-alih menjadi lebih baik, anak dapat menjadi lebih malas ke sekolah atau bahkan anak mulai membenci kamu.

Jadi hukuman yang paling tepat adalah hukuman edukatif, misalnya dengan mengurangi uang jajan anak, membersihkan tempat tidur sendiri, menyapu halaman dan lain-lain.


*) Adrian at www.nutrinextlastabumin.co.id

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Kamis 21 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.