Cara Mengetahui Tingkat Kecerdasan Anak Balita

Cara Mengetahui Tingkat Kecerdasan Anak Balita - Tes IQ (intelligence quotient) adalah cara untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Umumnya tes ini dilakukan ketika anak sudah memasuki usia sekolah. Namun sedikit orang yang tahu, ternyata tes IQ juga tersedia untuk anak-anak ketika mereka masih balita dan bayi. Mau tahu apa?
Cara Mengetahui Tingkat Kecerdasan Anak Balita

Berikut ini beberapa cara untuk mengukur IQ Balita



Skala Kecerdasan Wechles untuk Anak-anak (WISC)
Skala Kecerdasan Wechles untuk Anak-anak (WISC) adalah tes IQ yang dibuat oleh seorang psikolog dari Amerika Serikat, David Wechsler pada tahun 1949. Secara umum, tes ini untuk mengukur kemampuan kognitif pada anak-anak dari usia 5 hingga 15 tahun.
Tujuan WISC adalah untuk mengukur kemampuan anak-anak dalam aspek verbal dan logis. Tidak seperti tes IQ pada umumnya, WISC adalah tes IQ yang tidak mengharuskan peserta untuk menulis jawaban mereka.

Tes IQ Fisher-Price
Fisher Price adalah perusahaan mainan khusus untuk anak-anak dari Inggris. Perusahaan menunjuk psikolog terkenal untuk membuat tes untuk menentukan tingkat kecerdasan dan respons bayi. Tes IQ Fisher-Price memang ditunjukkan untuk anak-anak berusia enam bulan hingga satu tahun. Berbeda dengan tes IQ pada umumnya di mana peserta yang menjawab adalah subjek tes, Fisher-Price dilakukan untuk orang tua bayi untuk menentukan tingkat kecerdasan anak.
Tes ini dilakukan dengan memberikan 10 pertanyaan tentang perilaku dan respons bayi terhadap beberapa situasi. Meskipun banyak dokter anak atau psikolog anak lain mengatakan bahwa tes ini tidak dapat menentukan tingkat kecerdasan anak ketika mereka tumbuh, tes ini dapat dilakukan untuk memeriksa perkembangan otak dan respons bayi.

Bayley Scales of Infant Development (BSID)
Bayley Scales of Infant Development (BSID) adalah tes yang dibuat oleh psikolog terkenal Amerika Nancy Bayley. Menurutnya BSID lebih akurat disebut sebagai tes DQ (Development Quotient) dibandingkan dengan tes IQ. Tes ini dapat dilakukan pada bayi berusia 1 bulan hingga 42 bulan. Ada lima aspek yang diukur dengan tes ini: kognitif, bahasa, motorik, sosial-emosional, dan perilaku adaptif.

Tes ini terdiri dari serangkaian pertanyaan dan permainan yang dilakukan sekitar 45 hingga 60 menit. Hasil tes ini berupa skor yang dapat dijadikan indikator untuk melihat tingkat kinerja dan respons anak.

Tes di atas dapat dilakukan untuk mengukur perkembangan bayi dan juga dapat dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama pertumbuhan bayi. Sebelum atau setelah pengujian, orang tua harus terus memantau perkembangan anak.

*) Adrian at Madu Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.