Cara Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Allah

Cara Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Allah - Pengajaran tentang agama kepada anak-anak sejak usia dini sangat diperlukan dan itu adalah tugas orang tua anak tersebut. Terutama memperkenalkan tentang sifat Allah SWT. kepada anak-anak. Namun, terkadang orangtua bingung menjelaskan sehingga kalimat itu mudah dicerna oleh anak.

Terkadang anak-anak juga sering mengajukan pertanyaan kritis yang terkadang sulit dijawab oleh orang tua mereka. Mulai pertanyaan besar tentang sifat Allah SWT hingga hal-hal sederhana yang terkadang tidak terpikirkan oleh orang dewasa.

Lalu bagaimana orang tua menjawab pertanyaan anak-anak seperti, siapakah Tuhan? Seperti apa Tuhan itu? Di mana Tuhan, mengapa itu tidak terlihat? Mengapa kita harus menyembah Tuhan?
Tidak semua orang tua memiliki jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Orang tua akan kesulitan menemukan kalimat dan bahasa yang tepat untuk menjawab pertanyaan dalam bahasa yang mudah dimengerti anak-anak.

Beberapa orang tua memilih untuk marah atau menyuruh anak-anak mereka untuk berhenti menanyakan hal-hal seperti itu. Padahal, sikap itu tidak benar. Anak-anak masih akan mencari jawaban atas pertanyaan mereka.

Bisa jadi sikap orang tua semacam itu akan membuat anak mencari jawaban dari sumber yang salah atau tidak lagi mempercayai orang tua. Jika orang tua tidak tahu jawabannya, jujurlah dan jangan memberikan informasi yang salah. Orang tua dapat mengundang anak-anak untuk bersama-sama mencari jawaban, melalui buku, media, atau bertanya kepada para ahli.
Cara Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Allah

Berikut adalah 4 jawaban untuk menjawab pertanyaan anak tentang Allah yang sesuai dengan bahasa anak-anak:



1. “Ayah, Bunda, Allah itu apa sih?”
Nak, Tuhan yang menciptakan segalanya. Surga, bumi, laut, sungai, bebatuan, kucing, kadal, katak, burung, semuanya, termasuk menciptakan nenek, kakek nenek, ayah, ibu, dan juga Anda. Semua itu ada karena seseorang menciptakannya. Dan yang menciptakan semua itu adalah Tuhan.

2. “Ayah, Bunda, bentuk Allah itu seperti apa?”
Adek tahu, benar, bentuk sungai, batu, kucing, kambing, semuanya. Sekarang, bentuk Tuhan tidak sama dengan apa pun yang pernah Anda lihat. Sebut saja bentuk apa pun, bentuk Tuhan tidak sama dengan apa yang akan Anda sebutkan.
Katakan dengan menatap mata anak sambil tersenyum manis. [Dia] Pencipta langit dan bumi. Dia membuatkan untuk Anda dari pasangan jenis Anda sendiri dan jenis-jenis pasangan ternak [juga], membuatnya berkembang biak dengan cara itu. Tidak ada yang seperti Dia, dan Dialah Yang Mendengar, Yang Melihat. (Q. Ash-Shura: 11)

3. “Ayah, Bunda, Allah itu ada di mana?
Nak, Allah itu bersemayam di Arasy. Allah dekat dengan kita. Allah itu selalu meliputi hati setiap orang yang saleh, termasuk di hati kamu, Sayang. Jadi, kekuasaan Allah selalu ada bersamamu di mana pun kamu berada.

Mari kita perhatikan firman Allah Swt berikut “Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, Kemudian dia bersemayam di atas ´Arsy dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. dan dia bersama kamu di mana saja kamu berada. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hadid: 4).

“Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?. Atau apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa dia akan mengirimkan badai yang berbatu. Maka kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku?” (QS. Al-Mulk: 16-17).

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat.(Q.S. Al-Baqarah (2) : 186)

Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada.(Q.S. Al-Hadiid: 4)

Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. (Q.S. Al-Baqarah (2) : 115)

*) Adrian at Madu Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.