Cara Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Pada Anak

Cara Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Pada Anak - Keingintahuan pada anak-anak adalah faktor yang sangat penting dalam pendidikan mereka. Keingintahuan anak yang besar dapat menjadi motivasi untuk mempelajari hal-hal baru. Mereka akan melakukannya dengan antusias juga. Seorang Albert Einstein dikenal sebagai orang yang memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Sayangnya, tidak semua anak usia sekolah memiliki rasa ingin tahu yang besar. Bahkan, jika anak usia sekolah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, itu akan dapat meningkatkan prestasi akademik. Berita baiknya adalah ada metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan rasa ingin tahu anak-anak.


Cara Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Pada Anak


Berikut ini adalah cara-cara menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak:



1. Tumbuhkan perasaan tidak mempercayai anak-anak
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membiasakan anak agar tidak mudah percaya pada informasi baru. Ini berlaku untuk berbagai hal. Mulai dari membaca di buku, bahkan penjelasan dari guru atau orang tua. Selanjutnya, Anda dapat mengarahkan anak untuk mencari tahu lebih lanjut tentang info itu.

2. Biasakan memberi anak-anak tantangan
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu anak adalah dengan memberinya tantangan. Tantangan seringkali menjadi motivasi bagi seseorang untuk menaklukkan sesuatu. Ini juga berlaku untuk seorang anak.

Contohnya adalah ketika anak-anak bermain video game. Di sana, anak itu sengaja dibuat merasa tertantang. Karena tantangan itu, mereka rela duduk lama di depan video game untuk bisa menyelesaikan game.

Ini bisa diterapkan pada pelajaran sekolah. Anda bisa membuat anak merasa tertantang dalam menyelesaikan masalah pelajaran. Misalnya, "Nak, bisakah kamu menyelesaikan masalah ini, kan? Teman-teman ayahku kesulitan mengerjakannya. Tapi, sepertinya kamu bisa."

3. Berikan puzzle
Anda juga dapat memancing rasa ingin tahu anak Anda dengan memberikan mereka teka-teki. Pilih puzzle yang terkait erat dengan pengetahuan dan pelajaran anak-anak di sekolah. Mulai dari belajar bahasa Inggris hingga matematika.

Anda bisa menceritakan sebuah fenomena yang berbeda dari teori yang diberikan sekolah kepada anak itu. Hal ini dilakukan agar anak-anak dapat menggali lebih dalam kebenaran cerita. Selain itu, dengan menggunakan metode ini, anak juga akan dapat mengetahui alasan perbedaannya.

4. Biasakan anak mempelajari sesuatu secara detail
Menerima informasi terperinci dapat mengembangkan rasa ingin tahu anak. Penjelasan terperinci juga akan terlihat jauh lebih menarik daripada memberikan informasi garis besar.


*) Adrian at Vitamin Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.