Cara Menyimpan Madu Asli Yang Baik Biar Awet

Cara Menyimpan Madu Asli Yang Baik Biar Awet - Saat membeli madu murni biasanya kita tidak langsung menghabiskan madu. Terkadang madu disimpan selama beberapa waktu sebelum dikonsumsi lagi. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu cara menyimpan madu dengan benar. Ada yang masih menyimpan madu di lemari es atau ada juga madu yang dicampur semut.
Cara Menyimpan Madu Asli Yang Baik Biar Awet

Cara Menyimpan Madu Untuk Bertahan



1. Simpan Dalam Wadah Plastik atau Kaca

Banyak orang menyimpan madu dalam wadah terbuka dengan alasan madu tidak kedaluwarsa. Bahkan, menyimpan madu dalam wadah terbuka bisa mengundang semut. Selain itu, madu bersifat higroskopis yang berarti madu akan melepaskan air jika disimpan dalam wadah terbuka. Hasilnya, madu menjadi lebih berair dan rasanya berubah. Menyimpan madu dalam wadah logam juga bisa memicu reaksi kimia. Jadi, wadah yang paling tepat untuk menyimpan madu terbuat dari plastik atau kaca. Jika Anda berencana menyimpan madu dalam waktu lama, sebaiknya gunakan wadah gelas. Karena gelas itu netral dan tidak mudah terurai saat terkena panas sehingga rasa madu tetap terjaga.

2. Simpan Madu dalam Wadah Kering

Berencana menyimpan madu dalam wadah tertentu? Cuci wadah sampai benar-benar bersih. Pastikan wadah yang akan digunakan untuk menyimpan madu bebas dari bau dan benar-benar kering.
Setetes air dalam wadah bisa membuat madu lebih cepat pecah. Jangan mengambil risiko, Anda harus mengeringkan wadah sampai benar-benar kering. Anda juga harus memastikan bahwa wadah itu bebas bau agar aroma madu tidak tercemar.

3. Tutup Rapat

Cara terbaik untuk menyimpan madu adalah dengan menutup wadah madu dengan erat sehingga kedap udara. Apakah metode pengemasan madu dalam rapat ini aman dan tidak membuat madu kadaluwarsa? Jawabannya adalah tidak. Ketika Anda menutup wadah penyimpanan madu dengan erat, madu tidak akan menyerap kelembapan di sekitarnya. Akibatnya, madu menjadi lebih tebal dan tidak berair karena wadahnya tertutup rapat dan tidak ada kelembapan di sekitar madu.

4. Hindari Madu dari Sinar Matahari Langsung

Banyak yang tidak menyadari bahwa setelah menggunakan madu, kita hanya menempatkan wadah tanpa memperhatikan sinar matahari yang tampak bersinar pada wadah madu. Jika Anda telah menyimpan madu dalam botol plastik atau gelas bening, Anda harus menghindari menempatkan wadah berisi madu langsung di bawah sinar matahari.

5. Tempatkan di Suhu Kamar

Kebanyakan orang masih menyimpan madu di lemari es. Tujuannya agar madu lebih awet dan tidak dikelilingi semut. Jadi, benarkah cara menyimpan madu di lemari es? Madu harus disimpan dalam suhu ruang yang wajar. Mengapa madu tidak bisa disimpan di tempat yang dingin? Karena madu dapat mengkristal dan berubah warna menjadi keputihan. Ini karena kandungan dekstrosa dalam madu.
Memang, kristalisasi bukan bagian dari karakteristik madu kadaluarsa atau rusak. Madu masih dapat dikonsumsi kecuali bahwa bentuknya menjadi kasar dan sulit untuk disajikan. Jika saat ini Anda telah menyimpan madu di lemari es, lelehkan madu yang dikristalisasi dengan merendam wadah penyimpanan madu di dalam air pada suhu 40o Celcius selama 15 menit.


*) Adrian at Khasiat Madu Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.