Cara Merawat Anak Demam Tinggi dan Batuk di Rumah

Cara Merawat Anak Demam Tinggi dan Batuk di Rumah - Anak-anak dengan demam tinggi dapat mengkhawatirkan orang tua. Namun, jangan panik! Tetap tenang, untuk bisa membantu mengatasi demam pada anak dengan lebih baik.

Suhu normal anak adalah 36,5 - 37,5 ° C, dan dapat dianggap mengalami demam ketika suhu naik menjadi lebih dari 38 ° C. Demam pada anak-anak dapat disebabkan oleh banyak hal, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus berurusan dengan dengan obat-obatan segera.


Cara Merawat Anak Demam Tinggi dan Batuk di Rumah


Penyebab Anak Demam Tinggi



Demam adalah mekanisme alami tubuh untuk melawan infeksi. Munculnya demam pada anak-anak menunjukkan bahwa sistem kekebalan anak bekerja untuk melawan flu atau infeksi lainnya.
Demam terjadi ketika otak memberi perintah untuk meningkatkan suhu tubuh. Ini diperlukan untuk mengarahkan sel darah putih melawan virus dan bakteri yang mengganggu tubuh.
Ada beberapa penyebab demam tinggi pada anak yang perlu diketahui, yaitu:

Infeksi
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, demam adalah tanda sistem kekebalan anak dalam melawan infeksi. Infeksi yang sering menyebabkan anak-anak menderita demam tinggi adalah infeksi bakteri dan virus. Penyakit infeksi yang dapat menyebabkan demam tinggi pada anak-anak termasuk flu, roseola, radang amandel, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), infeksi ginjal, infeksi saluran kemih (ISK), cacar air, dan batuk rejan.

Pakaian dan suhu sekitar
Tidak hanya infeksi, demam juga bisa menyerang anak jika ia terlalu aktif di luar rumah untuk cuaca panas. Demam juga bisa terjadi ketika anak-anak menggunakan pakaian yang terlalu tebal. Kondisi ini biasanya dialami oleh bayi, terutama bayi baru lahir. Dianjurkan untuk mengenakan pakaian bayi yang tebal hanya jika suhu udaranya dingin.

Efek imunisasi
Beberapa anak dan bayi juga dapat mengalami demam setelah imunisasi. Biasanya demam yang dialami relatif ringan. Tanyakan kepada dokter Anda yang memberikan imunisasi, mengenai perawatan yang mungkin diperlukan jika anak Anda demam setelah imunisasi.

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak



Ketika demam terjadi, cairan tubuh menguap lebih cepat, meningkatkan risiko dehidrasi. Karena itu, hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu ketika menghadapi demam tinggi pada anak adalah memenuhi kebutuhan cairannya.

Usahakan anak minum cukup air agar tubuhnya tetap terhidrasi. Sedangkan pada bayi, cukup asupan cairan dengan memberinya lebih banyak ASI (ASI) atau susu formula.

Selain memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan, ada beberapa cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi demam tinggi pada anak-anak di rumah, termasuk:

- Pastikan suhu ruangan tetap dingin untuk membuat anak merasa nyaman.
- Tutupi anak dengan kain tipis dan buka jendela sehingga sirkulasi udara lebih lancar dan suhu kamar terasa lebih sejuk.
- Letakkan handuk kecil yang dibasahi air hangat di dahi anak sebagai kompres. Tidak disarankan menggunakan air dingin untuk kompres, karena dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat anak menggigil.
- Beristirahat banyak dan jangan pergi ke luar rumah.

Pada prinsipnya, ketika seorang anak demam, buat kondisinya senyaman mungkin untuk mencegah anak dari menggigil atau kepanasan. Meskipun demam tinggi tidak selalu mengindikasikan penyakit serius, orang tua harus tetap waspada.
Jika demam tinggi pada anak tidak berhenti dengan pengobatan di rumah, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan, sesuai dengan kondisi anak.


*) Adrian at Vitamin Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Kamis 21 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.