Ciri Ciri Balita Kurang Gizi

Ciri Ciri Balita Kurang Gizi - Anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Di masa kanak-kanak, ia membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya, jadi jangan heran jika ia memiliki kebutuhan nutrisi yang tinggi.

Namun, kebutuhan nutrisi yang tinggi ini terkadang tidak sejalan dengan pemenuhan nutrisi untuk anak. Akibatnya, anak-anak dapat menderita kekurangan gizi. Masalah anak-anak yang kurang gizi mungkin jarang terdengar di daerah perkotaan, tetapi di daerah yang masih belum tersentuh teknologi, masih banyak anak yang menderita kekurangan gizi.
Ciri Ciri Balita Kurang Gizi


Apa itu gizi buruk?



Malnutrisi adalah dampak dari tidak terpenuhinya kebutuhan gizi anak yang berlangsung lama, bahkan bisa dimulai sejak bayi masih dalam kandungan. Karena itu, pemenuhan gizi ibu hamil hingga anak berusia 2 tahun harus menjadi perhatian utama karena ini adalah masa yang dapat menentukan kehidupan anak selanjutnya.

Kurangnya nafsu makan, kurangnya ketersediaan makanan, dan gangguan dalam proses pencernaan dapat menjadi penyebab kekurangan gizi. Malnutrisi juga dapat diperburuk dengan seringnya anak-anak menderita penyakit menular.

Malnutrisi ini dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan (termasuk perkembangan otak) anak-anak, yang nantinya dapat berdampak pada kehidupan anak berikutnya. Biasanya anak-anak kurang gizi memiliki berat badan kurang (kurang gizi), sangat kurus, pendek, dan kekurangan vitamin dan mineral.

Di Indonesia, masalah gizi buruk pada anak masih menjadi masalah serius. Berdasarkan data Riskesdas 2013, anak balita yang menderita gizi buruk adalah 13,9%, pendek 19,2%, dan kurus 6,8%.

Apa saja tanda-tanda seorang anak kekurangan gizi?



Anak-anak yang kekurangan gizi dapat dilihat dari tanda-tandanya, sebagai berikut:

Kegagalan dalam pertumbuhan. Kegagalan pertumbuhan ini bisa dilihat dari berat badan, tinggi badan, atau keduanya yang tidak sesuai dengan usianya. Jadi, biasanya anak-anak yang kekurangan gizi memiliki tubuh yang kurus, pendek, atau kurus.

Anak-anak sangat mudah marah, terlihat lesu, dan bisa menangis berlebihan. Anak-anak juga mengalami kecemasan dan kurang perhatian terhadap lingkungan sekitarnya.
Kulit dan rambut anak-anak kering, bahkan rambut anak-anak pun rontok.
Kehilangan kekuatan otot.

Jika anak memiliki kekurangan energi protein (KEP), maka tanda-tanda yang ditunjukkan oleh anak bisa lebih buruk. Ada dua jenis defisiensi energi protein, yaitu marasmus dan kwashiorkor.

Pada marasmus, anak-anak akan menunjukkan tanda-tanda seperti penurunan berat badan yang sangat jelas (berat anak sangat rendah kurang dari 60% dari berat badan anak mereka), pengecilan otot pada anak-anak, kulit kering dan sedikit atau tidak ada lemak di bawah kulit, dan kurus dan mudah jatuh rambut anak-anak.

Sementara kwashiorkor dapat menunjukkan tanda-tanda, seperti rambut berubah warna menjadi kemerahan atau pirang, kulit kering dan kusam, tidak ada atau kurang nafsu makan, perut buncit, dan kaki bengkak. Tanda-tanda ini muncul karena anak-anak mengalami kekurangan nutrisi penting.

Bahkan anak-anak dengan berat badan normal dapat kekurangan vitamin dan mineral

Jika anak Anda kekurangan vitamin dan mineral, meskipun memiliki berat badan normal, anak-anak biasanya akan menunjukkan tanda-tanda, seperti:

Masalah kulit
Lidah bengkak
Penglihatan anak-anak yang buruk di malam hari atau dalam kondisi cahaya rendah
Rasakan kesulitan bernafas dan kelelahan sepanjang waktu
Anak-anak merasakan sakit pada tulang dan otot mereka


*) Adrian at Vitamin Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Kamis 21 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.