Kebutuhan Dasar Anak Sehat Usia Dini

Kebutuhan Dasar Anak Sehat Usia Dini - Pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal dipengaruhi oleh hasil interaksi antara faktor genetik, keturunan dan konstitusional dengan faktor lingkungan. Agar faktor lingkungan memiliki pengaruh positif pada perkembangan anak, maka perlu untuk memenuhi kebutuhan dasar tertentu. Kebutuhan dasar ini dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu asuh, belas kasih dan mengasah.
Kebutuhan Dasar Anak Sehat Usia Dini

Kebutuhan Dasar Anak Yaitu Asuh (kebutuhan fisik-biomedis)



Pertama, nutrisi yang memadai dan seimbang.
Memberikan nutrisi yang cukup untuk anak pasti sudah dimulai sejak dalam kandungan, yaitu dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk ibu hamil. Setelah lahir, pemberian ASI eksklusif harus dicari, yaitu anak hanya diberi ASI sampai ia berusia 4-6 bulan. Sejak usia enam bulan, sudah saatnya anak diberi makanan tambahan atau makanan pendamping ASI. Memberi makanan tambahan penting untuk melatih kebiasaan makan yang baik dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang mulai meningkat pada masa bayi dan prasekolah, karena saat ini pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi sangat pesat, terutama pertumbuhan otak.

Kedua, perawatan kesehatan dasar.
Untuk mencapai kondisi kesehatan anak yang optimal, beberapa upaya diperlukan, seperti imunisasi, kontrol ke Puskesmas / Posyandu secara rutin atau segera periksa ke dokter jika anak tersebut sakit. Dengan upaya ini, kondisi kesehatan anak-anak dapat dipantau sejak dini, sehingga jika ada kelainan anak segera mendapat perawatan yang tepat.

Ketiga, pakaian.
Anak-anak perlu mendapatkan pakaian yang bersih dan nyaman dipakai. Karena lebih banyak beraktifitas anak-anak, pakaian harus terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.

Keempat, perumahan.
Dengan menyediakan tempat tinggal yang layak, ini akan membantu anak-anak tumbuh optimal. Tempat tinggal yang layak bukan berarti rumah yang besar, tetapi bagaimana orang tua dapat mengatur rumah agar sehat, ventilasi yang cukup dan menjaga kebersihan dan kerapian, berapapun ukurannya.

Kelima, higienis diri dan lingkungan.
Kebersihan tubuh dan lingkungan yang dijaga berarti telah mengurangi risiko tertular berbagai penyakit. Selain itu, lingkungan yang bersih akan memberikan peluang bagi anak-anak untuk bermain aktivitas dengan aman.

Keenam, kebugaran fisik (olahraga dan rekreasi).
Kegiatan olahraga dan rekreasi digunakan untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh dan menghilangkan sisa metabolisme. Selain itu, juga membantu meningkatkan motorik anak-anak dan aspek perkembangan lainnya. Kegiatan olahraga dan rekreasi untuk anak-anak adalah kegiatan bermain yang menyenangkan.

Kebutuhan Dasar Anak Yaitu Asih (kebutuhan emosional dan cinta kasih)



Memenuhi kebutuhan emosional dan cinta dapat dimulai sedini mungkin. Bahkan sejak anak berada di dalam rahim, perlu untuk mencari kontak psikologis antara ibu dan anak, misalnya dengan mengundang atau membelainya. Setelah lahir, upaya ini bisa dilakukan dengan menggendong bayi ke dada ibu segera setelah lahir. Ikatan emosional dan kasih sayang yang erat antara ibu / orang tua dan anak sangat penting karena berguna untuk menentukan perilaku anak-anak di masa depan, merangsang perkembangan otak anak-anak dan merangsang perhatian anak-anak ke dunia luar. Karena itu, kebutuhan akan perawatan ini meliputi:

Pertama, cinta orangtua.
Orang tua yang harmonis akan mendidik dan membimbing anak-anak dengan cinta. Kasih sayang bukan berarti memanjakan atau tidak pernah memarahi, tetapi bagaimana orangtua menciptakan hubungan yang hangat dengan anak-anak sehingga anak merasa aman dan bahagia.

Kedua, keamanan.
Interaksi yang harmonis antara orang tua dan anak-anak akan memberikan rasa aman bagi anak-anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Ketiga, harga diri.
Setiap anak ingin diakui keberadaan dan keinginannya. Jika anak diabaikan, maka ini dapat menyebabkan frustrasi pada anak.

Keempat, dukungan atau dorongan.
Dalam melakukan kegiatan, anak-anak perlu mendapatkan dukungan dari lingkungan mereka. Jika orang tua sering melarang kegiatan yang dilakukan, maka ini dapat menyebabkan anak merasa ragu dalam melakukan setiap kegiatannya. Selain itu, orang tua perlu memberikan dukungan agar anak dapat mengatasi stres atau masalah yang dihadapi.

Kelima, mandiri.
Agar anak-anak menjadi individu yang mandiri, maka sejak awal anak-anak harus dilatih untuk tidak selalu bergantung pada lingkungannya. Dalam melatih anak-anak untuk mandiri, tentu saja, mereka harus menyesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan mereka.

Keenam, kepemilikan.
Anak-anak perlu dilatih untuk memiliki rasa memiliki terhadap hal-hal yang mereka miliki, sehingga anak memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga barang-barangnya.

Ketujuh, kebutuhan untuk sukses, mendapatkan peluang dan pengalaman.
Anak-anak perlu diberi kesempatan untuk berkembang sesuai dengan kemampuan dan sifat mereka. Tidaklah tepat jika orang tua memaksakan keinginan mereka untuk dilaksanakan oleh anak-anak terlepas dari kehendak anak.

Kebutuhan Dasar Anak Yaitu Asah (kebutuhan stimulasi)



Stimulasi adalah stimulasi lingkungan luar anak, dalam bentuk olahraga atau bermain. Stimulasi adalah syarat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak-anak yang mendapat banyak stimulasi terarah akan dengan cepat berkembang dibandingkan dengan anak-anak yang mendapat stimulasi kurang.

Pemberian stimulasi ini bisa dilakukan sejak kehamilan, dan juga setelah melahirkan dengan menyusui anak sedini mungkin. Penajaman adalah kebutuhan untuk perkembangan mental psikososial anak-anak yang dapat dilakukan dengan pendidikan dan pelatihan.

*) Adrian at Madu Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.