Makanan Untuk Penderita Flek Paru Paru Pada Anak

Makanan Untuk Penderita Flek Paru Paru Pada Anak - Saat ini Indonesia menempati urutan ke-2 TB terbanyak di dunia setelah Cina, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Situasi TB di Indonesia memang semakin buruk. Ketidakpatuhan dalam mengonsumsi obat-obatan, munculnya HIV / AIDS, dan kondisi gizi penderita yang buruk adalah beberapa penyebab semakin buruknya kondisi TB di Indonesia.

Untuk pulih dari penyakit, tidak cukup hanya dengan berpartisipasi dalam pemerintah, kesadaran dan niat kuat penderita untuk terbebas dari penyakitnya adalah faktor terpenting dalam pengobatan TB.

Selama ini, pemberian OAT (obat antituberkulosis) dianggap sebagai faktor utama dalam penyembuhan pasien. Namun, pengobatan saja tampaknya tidak cukup untuk membuat tingkat penyembuhan meningkat. Status gizi pasien juga memainkan peran penting dalam proses penyembuhan pasien TB. Makanan bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga memudahkan tubuh melawan penyakit.
Makanan Untuk Penderita Flek Paru Paru Pada Anak

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita TB:



1. Zat gizi makro

Penderita TB membutuhkan nutrisi sebagai sumber energi untuk melawan penyakit mereka. Studi tersebut menyatakan bahwa angka kesembuhan pasien yang memiliki status gizi baik akan jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidak.
Makronutrien adalah zat makanan yang dibutuhkan oleh orang dengan TB untuk mempertahankan status gizi mereka. Untuk alasan ini, itu adalah 'wajib' bagi orang yang mengkonsumsi makanan ini bahkan jika penderitanya mengklaim telah kehilangan nafsu makan.

Contoh makronutrien:

Karbohidrat

Sumber: Beras, roti, gandum, ubi, singkong, kentang, jagung, buah-buahan.

Karbohidrat sangat penting bagi orang dengan energi TB, dan sumber energi utama sebelum penggunaan protein tubuh. Glukosa yang berasal dari karbohidrat berfungsi sebagai sel makanan, sehingga sel yang rusak memiliki kekuatan untuk memperbaharui diri. Selain itu, karbohidrat sangat penting untuk menjaga berat badan pada orang dengan TB.

Protein

Sumber: Telur, daging, ikan, susu, keju, dan kacang-kacangan.

Makanan yang mengandung protein adalah bagian penting dari membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti jaringan paru-paru dan bagian tubuh lainnya yang rusak oleh TB. Selain itu, protein dapat merangsang pembentukan interferon yang dapat membunuh bakteri.

Lemak

Sumber: Telur, susu, daging, ikan, alpukat, kacang-kacangan, minyak kelapa.

Lemak dapat membantu dalam proses melarutkan vitamin yang dibutuhkan oleh penderita TB. Lemak juga berfungsi untuk melindungi organ-organ seperti paru-paru dari kerusakan, selain itu lemak membantu dalam proses menyusun membran sel tubuh baru dengan protein dan karbohidrat.

2. Bahan gizi mikro

Zat gizi mikro adalah zat dari sumber makanan tertentu yang tidak kalah pentingnya untuk proses pemulihan pasien. Zat gizi mikro adalah zat makanan yang memiliki ukuran mikro, terdiri dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Contoh nutrisi mikro:

Vitamin A

Sumber: Daging, susu, keju, telur, wortel, cabai, bayam, tomat, brokoli, anggur, pepaya, pisang, suplemen, dll.

Seng

Sumber: Tiram, gandum, daging, labu, wijen, lobster, suplemen.

Vitamin A dan seng adalah zat gizi mikro yang memainkan peran penting dalam fungsi sistem imunitas bawaan (imunitas bawaan) dan didapat (imunitas adaptif), menjaga fungsi dan integritas sel, juga dibutuhkan dalam ekspresi gen. Kekebalan ini sangat penting bagi orang dengan TB untuk melawan penyakit. Asupan yang cukup akan dapat mempercepat penyembuhan orang yang berada dalam tahap pengobatan.
Karena alasan ini, selain memantau dengan ketat kepatuhan terhadap penggunaan obat, kebiasaan hidup sehat dan pemenuhan asupan gizi yang tepat adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan bagi pemulihan orang dengan TB.

*) Adrian at Madu Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Kamis 21 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.