Manfaat Bermain Untuk Anak PAUD Usia Dini

Manfaat Bermain Untuk Anak PAUD Usia Dini - Sudahkah Anda mengundang si kecil untuk bermain hari ini? Sebagai orang tua, mungkin Anda mengira si kecil tidak boleh bermain terlalu banyak karena kegiatannya belum tentu bermanfaat.

Jangan terjebak dalam asumsi di atas. Justru dengan metode bermain anak bisa belajar banyak hal.
Manfaat Bermain Untuk Anak PAUD Usia Dini

Berikut 9 Manfaat Bermain Untuk Anak atau Terapi Untuk Kecerdasan Bayi dan Balita Menurut Psikolog Effiana Yuriastien :



1. Pahami diri Anda dan kembangkan harga diri
Saat bermain, anak-anak akan membuat pilihan. Mereka harus memilih apa yang akan dimainkan. Anak-anak juga memilih di mana dan dengan siapa mereka bermain.
Semua pilihan ini akan membantu membentuk gambaran tentang diri mereka sendiri dan membuat mereka merasa mampu mengendalikan diri. Permainan memotong kertas, mengatur lokasi atau mewarnai misalnya dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Tidak ada batasan yang harus diikuti.
Identitas dan kepercayaan diri dapat berkembang tanpa takut kehilangan atau gagal. Ketika anak-anak menjadi lebih dewasa dan identitas mereka terbentuk dengan lebih baik, mereka akan semakin mampu menghadapi tantangan dari permainan yang terstruktur, bertujuan dan lebih dibatasi oleh aturan.

2. Temukan apa yang dapat mereka lakukan dan kembangkan kepercayaan diri
Permainan ini mendorong pengembangan keterampilan, fisik, sosial dan intelektual. Misalnya, pengembangan keterampilan sosial dapat dilihat dari cara anak mendekati dan berbagi dengan orang lain, berkompromi, dan bernegosiasi.
Jika anak-anak gagal ketika melakukan permainan, itu akan membantu mereka menghadapi kegagalan dalam arti yang sebenarnya dan mengelolanya ketika mereka benar-benar harus bertanggung jawab.

3. Melatih anak-anak secara mental
Saat bermain, si anak membayangkan dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya. Anak itu mengekspresikan pengetahuan yang dimilikinya sambil mendapatkan pengetahuan baru.
Orang tua akan dapat lebih mengenal anak-anak dengan mengamati saat bermain. Bahkan, melalui permainan (terutama bermain pura-pura) orang tua juga dapat menemukan kesan dan harapan anak-anak untuk orang tua dan keluarga mereka.

4. Meningkatkan kekuatan kreativitas dan membebaskan anak-anak dari stress
Kreativitas anak akan berkembang melalui permainan. Gagasan orisinal akan keluar dari pikiran mereka, meskipun terkadang terasa abstrak bagi orang tua.Bermain juga dapat membantu anak-anak melepaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari. Stres pada anak-anak biasanya disebabkan oleh rutinitas harian yang membosankan.

5. Kembangkan sosialisasi dan pola emosi anak
Dalam permainan kelompok, anak-anak belajar tentang sosialisasi. Anak-anak belajar nilai kesuksesan pribadi ketika berhasil memasuki suatu kelompok. Ketika anak-anak memainkan peran 'baik' dan 'jahat', ini membuat mereka kaya akan pengalaman emosional. Anak akan memahami perasaan yang terkait dengan ketakutan dan penolakan terhadap situasi yang dihadapinya.

6. Latih keterampilan motorik dan pertajam analisis anak-anak
Melalui permainan, anak-anak bisa belajar banyak cewek. Di antara mereka adalah berlatih keterampilan menyeimbangkan antara keterampilan motorik halus dan kasar. Ini sangat mempengaruhi perkembangan psikologis.
Permainan ini akan memberi anak-anak kesempatan untuk belajar menghadapi situasi kehidupan pribadi sambil memecahkan masalah. Anak-anak akan mencoba menganalisis dan memahami masalah yang terkandung dalam setiap permainan.

7. Distribusi untuk kebutuhan dan keinginan anak
Kebutuhan dan keinginan yang tidak dapat dipenuhi dengan cara lain seringkali dapat dipenuhi dengan bermain. Anak-anak yang tidak mampu mencapai peran pemimpin dalam kehidupan nyata, mungkin dapat memenuhi keinginan itu dengan menjadi pemimpin pasukan saat bermain.

8. standar moral
Meskipun anak-anak belajar di rumah dan di sekolah tentang apa yang dianggap baik dan buruk oleh kelompok, tidak ada paksaan standar moral selain dalam kelompok bermain.

9. Kembangkan otak kanan anak
Bermain memiliki aspek-aspek yang menyenangkan dan membuka kesempatan untuk menguji kemampuannya untuk berurusan dengan teman sebaya dan mengembangkan perasaan realistis tentang dirinya sendiri. Dengan begitu, bermain memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan otak kanan, kemampuan yang mungkin kurang terasah baik di sekolah maupun di rumah.

*) Adrian at Madu Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.