Manfaat Permainan Sensori Untuk Kecerdasan Otak Anak

Manfaat Permainan Sensori Untuk Kecerdasan Otak Anak - Metode pembelajaran pertama kali dikandung oleh seorang ilmuwan Italia, Dr. Maria Montessori, ini menekankan konsep belajar sambil bermain.

Belakangan metode ini semakin populer dalam proses pembelajaran balita di rumah. Sekarang, salah satu konsep pembelajaran yang paling populer adalah permainan sensorik.

Game sensorik adalah game yang mengaktifkan satu atau lebih dari lima indera mereka. Game ini menekankan stimulasi indera penglihatan, indera peraba atau sentuhan, suara, penciuman dan gerakan.

Game sensorik memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak. Karena, menurut Dr. Maria Montessori, seorang anak adalah 'penjelajah sensoris' di mana anak-anak secara naluriah belajar tentang lingkungan mereka melalui panca indera mereka.


Manfaat Permainan Sensori Untuk Kecerdasan Otak Anak


Nah, apa manfaat yang Si Kecil dapatkan dari permainan sensorik ini?



1. Perkembangan kognitif
Permainan sensorik dapat melatih konsentrasi dan keterampilan berpikir anak-anak yang berguna sebagai bekal untuk bersiap masuk sekolah.
Secara tidak langsung, permainan sensorik juga melatih anak-anak untuk menganalisis tentang proses yang mereka lalui. Misalnya, ketika berlatih memindahkan air dari ketel ke dalam botol.
Dalam prosesnya, anak-anak berpikir dan menganalisis cara menjaga agar air tidak tumpah saat dipindahkan. Kegiatan ini melatih anak-anak untuk mengasah kemampuan berpikir mereka agar lebih kritis dan analitis.

2. Stimulasi motorik halus dan motorik kasar
Sebagian besar permainan sensorik ini menekankan stimulasi motorik halus dan motorik kasar pada anak-anak. Ada berbagai permainan yang bisa dipilih Mama sesuai dengan usia anak.

Misalnya, memindahkan dan mengelompokkan bola atau pom plastik menggunakan pinset atau sendok ke wadah yang berbeda sesuai dengan warna yang ditentukan. Ada berbagai rangsangan yang terjadi dalam aktivitas ini.

Pertama, ini merangsang motorik halus ketika tangan anak menggenggam media untuk memindahkan bola sehingga tidak jatuh. Kedua, mengembangkan koordinasi mata dan tangan yang sangat penting untuk melakukan kegiatan dengan tingkat yang lebih sulit, seperti menulis atau mengikat sepatu.

Ketiga, stimulus kecerdasan otak ketika anak-anak berpikir tentang cara memindahkan bola ke dalam wadah dengan warna bola yang tepat.

Lain halnya ketika Mama menantang Si Kecil untuk melewati rintangan demi mendapatkan mainan atau makanan favoritnya yang telah diletakkan di ujung rintangan. Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik kasar dan gerak tubuh Si Kecil.

3. Pengembangan bahasa
Ada kata-kata tertentu yang sulit dijelaskan kepada anak-anak, seperti lunak, keras, lunak, halus, tumpah dan banyak lagi.

Kata-kata ini berarti akan lebih mudah dipahami ketika anak mengalaminya secara langsung. Nah, melalui permainan sensorik, anak-anak bisa mengenal kata-kata baru sambil memahami maknanya. Misalnya, anak-anak belajar kata "lengket" atau "kenyal" ketika mereka bermain lendir atau pasir kinetik.

4. Latih kreativitas dan imajinasi
Salah satu jenis permainan sensorik, yaitu permainan terbuka, di mana anak-anak bebas mengeksplorasi materi yang telah disiapkan. Game ini secara efektif melatih kreativitas dan imajinasi anak-anak.

Cobalah Mama menyiapkan beberapa peralatan seni seperti kertas warna, lem, cat air atau krayon, gunting dan beberapa es krim.

Kemudian tantang anak untuk membuat kreasi bahan-bahan ini. Mama akan terkejut melihat imajinasi mama ketika menjelaskan pekerjaannya.

5. Meningkatkan ikatan orang tua dan anak-anak
Manfaat yang paling dirasakan dari bermain sensorik adalah memperkuat ikatan antara orang tua dan anak-anak. Untuk mendapatkan hasil optimal dari permainan ini, orang tua perlu menemani anak-anak mereka saat bepergian.

Peran orang tua tidak hanya terbatas pada mengarahkan, tetapi juga sebagai dorongan dan bahkan terlibat langsung dalam kegiatan dengan anak-anak. Dengan begitu, konsep pembelajaran akan lebih menyenangkan dan hasil yang diperoleh anak lebih optimal.


*) Adrian at Vitamin Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.