Pentingnya Program Parenting Untuk Orangtua

Pentingnya Program Parenting Untuk Orangtua - Anak-anak adalah hadiah paling indah dan dapat dipercaya yang dipercayakan oleh Allah SWT kepada setiap orang tua yang harus dirawat, dididik, dilindungi, dan dirawat untuk kebutuhan nutrisi dan kesehatan mereka sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usia mereka.

Seorang tokoh perempuan bernama Eglantyne Jebb adalah orang pertama yang membentuk hak-hak anak pada tahun 1923. Ini dimotivasi oleh keinginannya untuk melindungi dan memperjuangkan masa depan anak. Oleh karena itu, hak-hak anak lahir sehingga setiap anak dapat hidup, tumbuh, berkembang secara optimal demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, mulia, dan sejahtera.

Namun, keberadaan hak-hak anak di masyarakat tidak sepenuhnya diketahui karena kurangnya sosialisasi di masyarakat dan keluarga, sehingga sering terjadi pelanggaran hak-hak anak.
Pentingnya Program Parenting Untuk Orangtua

Ada sepuluh (10) hak - yaitu, sebagai berikut:



Hak atas kesetaraan
Hak untuk memiliki nama
Hak untuk memiliki kewarganegaraan
Hak atas perlindungan
Hak atas makanan
Hak atas pendidikan
Hak atas kesehatan
Hak untuk rekreasi
Hak bermain

Hak atas peran dan keterlibatan dalam pembangunan

Menurut Ki Hajar Dewantara "Keluarga adalah lingkungan pendidikan yang pertama dan terpenting. Keluarga adalah tempat kelahiran generasi benih sejak masa kandungan hingga usia anak memasuki sekolah sehingga sekolah berkontribusi menjadi tempat untuk pertumbuhan itu. Peran keluarga tidak dapat diubah meskipun seorang anak pergi ke sekolah yang terkenal dengan fasilitas luar biasa. Keluarga yang terdiri dari setidaknya ayah dan ibu harus memiliki kemampuan untuk menggunakan semua hak anak, bahkan tidak satu pun.

Keluarga harus dapat menerapkan pola pengasuhan sehingga anak-anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang. Setiap anak yang lahir harus disebutkan dan dicatat dalam dokumen resmi negara seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak sehingga anak tersebut dapat secara resmi diakui sebagai kewarganegaraan. Setiap anak harus dilindungi dari kekerasan fisik dan psikologis yang tentu saja dimulai dari keluarga itu sendiri. Keluarga harus dapat memenuhi kebutuhan anak-anak, seperti makanan bergizi, sehat dan seimbang, memantau kesehatan anak-anak secara teratur, menyediakan pendidikan yang layak. Dunia anak-anak adalah taman bermain sehingga anak-anak harus memiliki cukup waktu untuk bermain dan kadang-kadang anak harus diundang untuk menciptakan pengalaman baginya.

Namun, kenyataan yang ditemukan di masyarakat adalah masih banyak keluarga yang tidak memahami pentingnya peran mereka untuk anak-anak sehingga hak-hak anak tidak terpenuhi. Karena itu, Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini harus mengharapkan Program Pengasuhan Berbasis Keluarga. Ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga dalam meningkatkan gizi dan kesehatan, perawatan, perawatan, pendidikan dan perlindungan sesuai dengan tahapan usia anak. Sehingga ada keselarasan antara program di sekolah dan di rumah.

Penyelarasan pendidikan yang dilakukan di PAUD dan di rumah adalah salah satu penentu keberhasilan pendidikan anak secara keseluruhan, komprehensif, dan terintegrasi. Oleh karena itu, Program Parenting atau Program PAUD Berbasis Keluarga adalah salah satu upaya pelurusan dan keberlanjutan pendidikan yang dilakukan di rumah.

Program Parenting di Institut Pendidikan Anak, yang meliputi



Kegiatan kelas pengasuhan
Kelas orang tua adalah forum komunikasi untuk orang tua dengan manajer dan guru PAUD. Jenis-jenis kegiatan seperti membentuk pertemuan sosial orang tua dan guru sehingga intensitas pertemuan rutin terbentuk, membuat kelompok parenting di media sosial seperti di WA, FB, BBM, dll. Pertemuan rutin setiap bulan dengan berbagai tujuan.

Keterlibatan orang tua di kelas
Lembaga PAUD terkadang harus melibatkan orang tua di kelas seperti bermain dan bermain dengan anak-anak seperti mewarnai gambar, bermain, membuat kolase, dan lainnya. Sekolah juga dapat menyelenggarakan kompetisi ibu dan anak untuk memperingati hari libur besar

Keterlibatan orang tua dalam acara bersama
Kegiatan bermain dan belajar yang merupakan proses kegiatan belajar bagi anak tidak selalu harus di dalam kelas. Kadang-kadang di luar kelas bahkan di luar sekolah. Orang tua harus dilibatkan agar orang tua dapat mengetahui bagaimana perkembangan anak dan dapat mengarahkan perkembangan ini secara optimal. Kegiatan seperti menghadiri seminar pendidikan atau pengasuhan anak, rekreasi bersama, berpartisipasi dalam berbagai kompetisi di luar sekolah, dan lainnya.

Hari konsultasi orang tua
Manajer PAUD juga harus menjadwalkan hari-hari tertentu di mana orang tua, manajer, dan pendidik dapat bertemu secara langsung dan berunding untuk membahas perkembangan anak, masalah - masalah yang dihadapi, dan solusi untuk mengatasi setiap masalah. Jika perlu, manajer PAUD dapat menghadirkan pakar di bidang pendidikan, kesehatan, dan psikologi anak. Ini dapat dilakukan melalui kemitraan dengan pihak terkait seperti pusat kesehatan, kantor pendidikan setempat, dan lembaga lainnya.

Kunjungan rumah
Terkadang manajer dan pendidik PAUD dapat mengunjungi rumah siswa untuk menjalin persahabatan dan membina hubungan kekerabatan.

Anak Usia Dini adalah usia yang paling penting dalam kehidupan mereka, mereka sering disebut zaman keemasan karena mereka mampu menyerap begitu banyak informasi yang merupakan penyediaan hidup mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih rumit di masa depan. Sehingga pemberian stimulasi dan nutrisi lengkap dapat membantu otak anak untuk memproses semuanya dengan baik dan optimal. Komunikasi yang selalu mengundang dapat mendorong optimalisasi perkembangan anak. Kehadiran keluarga dalam menyertai proses perkembangan anak menjadi hal yang sangat berharga dan tak tergantikan.

Semoga artikel ini akan menjadi energi positif yang menularkan inspirasi kepada kita semua dalam mengantarkan anak-anak kita menjadi yang terbaik, selalu menyulut semangat belajar dan bekerja, serta memiliki karakter yang luhur sehingga mampu berkontribusi bagi bangsa dan sekitarnya lingkungan Hidup.

*) Adrian at Madu Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Sabtu 16 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.