Terapi Musik Untuk Anak Autis

Terapi Musik Untuk Anak Autis - Perkembangan kecerdasan emosi dan kecerdasan anak autis yang telah diberikan terapi musik sejak dini lebih baik daripada anak autis yang tidak mendapatkan terapi musik. Seperti apa terapi ini?

Anak-anak autistik menganggap alat musik sebagai media yang menyenangkan, karena bentuk dan suaranya. Itulah sebabnya peralatan musik bisa menjadi perantara dalam membangun hubungan antara anak autis dan orang lain.

Terapi musik juga mampu merangsang aktivitas otak dalam memahami dan mengenali proses yang terjadi di sekitar anak. Bagaimana? Mempelajari hubungan sebab akibat antara aksi dan suara yang dihasilkan oleh alat musik. Anak-anak juga memiliki kebebasan untuk mengekspresikan diri, seperti memukul atau meniup instrumen, berteriak, mengekspresikan kesenangan, dll.

Tidak hanya itu, para peneliti menemukan bahwa musik itu sendiri memang mampu meningkatkan pertumbuhan otak anak karena musik itu sendiri merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Musik dapat membuat kita santai dan bahagia, yang merupakan emosi positif. Emosi positif ini membuat fungsi pemikiran seseorang menjadi maksimal.
Terapi Musik Untuk Anak Autis


Dasar Pemikiran untuk Memberikan Terapi Musik



Kognitif / Akademik
Lagu bertindak sebagai "mnemonik" (memori), alat untuk mengingat konsep akademik baru atau sulit dengan mengatur informasi ke dalam kelompok-kelompok kecil sehingga lebih mudah untuk kode dan mengingat. Musik juga menyediakan lingkungan belajar yang optimal bagi siswa yang sangat memperhatikan kegiatan musik, tetapi sering terhambat oleh kondisi kecacatan lainnya. Penelitian dalam pendidikan mendukung bahwa kemampuan untuk belajar dan kemudian penggunaan konsep dan informasi baru akan sangat baik ketika siswa termotivasi dan materi yang diberikan bermakna bagi mereka.

Komunikasi / interaksi sosial
Karena menyanyi dan berbicara memiliki banyak kesamaan, tetapi digunakan secara berbeda oleh otak. Strategi musik dapat digunakan sebagai pendekatan rehabilitasi untuk fungsi komunikasi. Keterampilan bahasa seperti bertanya dan menjawab pertanyaan, mempertahankan percakapan dan menggunakan kata-kata baru dalam lirik lagu ketika siswa bernyanyi akan mendukung peningkatan keterampilan bahasa lisan pada siswa. Dalam kelompok kecil, alat musik dan lagu interaktif diperkenalkan untuk pendekatan, interaksi kooperatif dan kemampuan sosial lainnya termasuk memainkan peran "cerita sosial". Berbagai jenis sering digunakan selain untuk dapat dipraktikkan di rumah untuk meningkatkan keterampilan.

Kemampuan Motor
Penelitian mendukung ritme sebagai pencatat waktu eksternal untuk perubahan. Sehubungan dengan tujuan alami pendidikan motorik (misalnya: tulisan tangan, memotong, penggunaan peralatan bermain), terapi musik sering sangat direkomendasikan sebagai intervensi langsung untuk siswa dengan masalah tulang dan masalah dalam meniru gerakan. Dalam kasus ini, alat musik digunakan dengan lagu untuk mencapai tujuan, meningkatkan koordinasi dan meningkatkan periode partisipasi dalam kegiatan. Untuk siswa yang memiliki kemampuan lebih tinggi, terapis musik dapat menawarkan konsultasi kepada penyedia pendidikan jasmani / bermotor yang programnya disesuaikan dengan kemampuan siswa, terapis okupasi atau terapis fisik sesuai kebutuhan.

Perilaku / Perhatian yang Terkait dengan Perasaan
Area ini sering menjadi tujuan sesi konsultasi ketika musik muncul sebagai salah satu kunci yang dapat memotivasi beberapa siswa. Kegiatan dirancang untuk menggunakan musik sebagai penguat, ketertiban, bantuan transisi atau untuk menenangkan siswa.

Teori Pendukung Terapi Musik
Terapi Berdasarkan pada anggapan bahwa setiap orang memiliki kemampuan untuk bereaksi terhadap musik, naluri ini dapat meningkatkan fisik, kemampuan kognitif, memulihkan gangguan emosional dan dapat digunakan untuk membangun hubungan antara terapis dan klien. Terapis musik mengatakan bahwa irama detak jantung kita, nada ketika kita berbicara, dan interaksi antara bayi dan ibu membuktikan bahwa musikalitas adalah karakteristik dasar manusia. Trevarthen et al (1998) menggambarkan fenomena ini sebagai hierarki musik atau orkestra yang ada dalam pengaturan diri dan pengaturan diri.

Penggunaan musik sebagai terapi
Dalam sebuah studi kasus oleh seorang terapis, itu menunjukkan bahwa meskipun jauh lebih terbatas daripada anak-anak dengan perkembangan komunikasi normal, musik dapat merangsang perkembangan komunikasi yang lebih bermakna pada orang dengan autisme. Terapi ini dapat diterapkan pada beberapa individu, tetapi reaksi yang diperoleh tidak dapat digeneralisasi (umumnya diperkirakan).


*) Adrian at Vitamin Anak

P . R . O . M . O
Pembelian sampai Kamis 21 November 2019

Harga 1 Botol Rp 65.000

Rp 52.000

Untuk pemesanan Nutrinext Lastabumin silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah btl
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0823 1538 9009

Disclaimer : Tidak dianjurkan pemberian Nutrinext Lastabumin pada anak usia dibawah 1 tahun, penderita alergi madu dan ikan, ADHD, serta penderita diare. Nutrinext Lastabumin tidak menjamin kenaikan berat badan & daya tahan tubuh secara signifikan, Setelah mengkonsumsi Nutrinext Lastabumin, khasiat yang didapatkan setiap anak akan berbeda beda dikarenakan respon tubuh yang berbeda dari setiap anak.